Breaking News

Pemdes Saotanre Apresiasi Mahasiswa KKN UIN, Beri Pelatihan Public Speaking Bagi Generasi Muda




SINJAI, KOMPAK-NUSANTARA.COM
Pelatihan Public Speaking oleh Mahasiswa KKN angkatan 75 UIN Alauddin Makassar di Desa Saotenre: Membentuk Generasi Muda yang Percaya Diri dan Berdaya Saing.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 75 Universitas Alauddin Makassar (UIN) menggelar workshop public speaking selama dua hari bertempat di aula kantor Desa Saotenre Kecamatan Sinjai Tengah.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 30 hingga 31 Agustus 2024 ini dihadiri oleh Kepala Desa Saotanre Andi Sulaeman, S.Sos, para perangkat desa, Ketua BPD, Remaja masjid, Pelajar SMP dan SMA. 

Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, terutama bagi generasi muda yang ada di Desa.

Sri Wulandari, mahasiswa jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, menjadi pemateri dalam workshop ini.

Pada hari pertama, peserta diberikan teori dasar seputar teknik berbicara di depan umum, serta tips menjadi pembawa acara (MC). 

Hari kedua diisi dengan praktik langsung, di mana peserta berkesempatan untuk mempraktikkan berbagai teknik yang telah dipelajari dalam konteks formal dan informal.

Kegiatan ini lahir dari inisiatif kepala Desa Saotanre Andi Sulaeman, S.Sos  ini sangat positif menjadi bagian dari program kerja KKN UIN Alauddin. Potensi masyarakat desa Saotenre, khususnya generasi muda, sangat besar. Namun, mereka masih memerlukan pelatihan untuk mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum.

Hal ini penting karena generasi muda inilah yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan dan membawa perubahan positif di desa.

Ketua BPD Sudirman, secara pribadi merespon positif kegiatan ini. Kami juga berterima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah mengadakan kegiatan seperti ini karena memang sudah lama kami tunggu-tunggu, ”Ungkap, Sudirman.

Selain meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara, workshop ini diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang bagi generasi muda desa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan desa. 

Ke depan, pelatihan seperti ini juga diharapkan mampu mempersiapkan generasi yang tidak hanya percaya diri, tetapi juga berdaya saing di tingkat lokal maupun nasional.

Melalui kegiatan ini pemerintah Desa Saotanre mengapresiasi kegiatan mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar, berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan sumber daya manusia di desa Saotenre, sekaligus berperan dalam membentuk generasi muda yang siap bersaing dan tampil di berbagai kesempatan."Tutur, Syukri. Sabtu (30/08/2024).

Jurnalis: Bakhtiar

Editor : Sri Indah Wahyuni 


0 Komentar

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - KOMPAK NUSANTARA