Breaking News

Cegah Pernikahan Dini Untuk Pelajar, Mahasiswa KKN UIN Bersama Pemdes Saotanre Gelar Penyuluhan




SINJAI, KOMPAK-NUSANTARA.COM
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 75 Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, kembali menunjukkan komitmennya terhadap pemberdayaan masyarakat dengan mengadakan penyuluhan mengenai pernikahan anak usia dini.

Acara ini berlangsung di SMP Negeri 34 Sinjai pada tanggal 03 September 2024 dan secara khusus ditujukan kepada para siswa-siswi untuk memberikan pemahaman tentang bahaya dan dampak negatif dari pernikahan dini.

Penyuluhan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dari Desa Saotenre termasuk Kepala Desa Saotenre Andi Sulaeman, S.Sos, Kepala Dusun, anggota Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), Ketua Penggerak PKK, para guru, serta siswa-siswi SMP Negeri 34 Sinjai.


Kehadiran para pemangku kepentingan tersebut menunjukkan dukungan penuh terhadap inisiatif ini, yang menjadi bagian dari program kerja mahasiswa KKN.

Kepala Desa Saotenre Andi Sulaeman, S.Sos, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap konsistensi para mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar, dalam menjalankan program-program mereka, termasuk sosialisai penyuluhan mengenai pernikahan anak usia dini.

"Kami berterima kasih kepada mahasiswa KKN karena sudah konsisten menjalankan program kerja. Meskipun kami telah memiliki lembaga khusus untuk menangani masalah pernikahan anak usia dini atau kekerasan pada anak, penyuluhan ini tetap menjadi langkah yang sangat baik," ucapnya.

Penyuluhan tersebut bertujuan untuk membekali para pelajar dengan informasi yang tepat mengenai risiko Kesehatan, Sosial, dan Psikologis yang dapat muncul akibat pernikahan pada usia dini.

Selain itu, penyuluhan ini juga menjadi sarana untuk mendorong kesadaran akan pentingnya pendidikan dan perkembangan yang optimal bagi anak-anak, tanpa terbebani dengan tanggung jawab pernikahan di usia yang belum matang.

Mahasiswa KKN angkatan 75 UIN Alauddin Makassar, berharap kegiatan ini dapat berkontribusi dalam menurunkan angka pernikahan usia dini di sekaligus menjadi inspirasi bagi para remaja pelajar untuk mengejar cita-cita mereka sebelum memasuki jenjang pernikahan, "Syukri.(05/09/2024).



Jurnalis: Bakhtiar


0 Komentar

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - KOMPAK NUSANTARA